1. Mc Know menyatakan bahwa fungsi media adalah :
Mengubah titik berat pendidikan formal, yang artinya,
dengan media pembelajaran yang sebelumnya abstrak menjadi kongkret,
pembelajaran yang sebelumnya teoritis menjadi fungsional praktis.
- Membangkitkan motivasi belajar.
- Memperjelas penyajian pesan dan informasi.
- Memberikan stimulasi belajar atau keinginan untuk mencari tahu .
2. Menurut Levie
dan Lentz fungsi media (khususnya media visual) ada empat, yaitu :
- Fungsi atensi (siswa lebih fokus kepada apa yang ia pelajari).
- Fungsi afektif (dapat diamati dari tingkat "kenikmatan" siswa).
- Fungsi kognitif (mempercepat pencapaian tujuan pembelajaran untuk memahami dan mengingat pesan/informasi yang terkandung dalam gambar atau lambang visual), dan
- Fungsi kompensatoris (memberikan konteks kepada siswa yang kemampuannya lemah dalam mengorganisasikan dan mengingat kembali informasi dalam teks. Dengan kata lain bahwa media pembelajaran ini berfungsi untuk mengakomodasi siswa yang lemah dan lambat dalam menerima dan memahami isi pelajaran yang disajikan dalam bentuk teks (disampaikan secara verbal)) .
3. Rowntree mengemukakan enam fungsi media, yaitu:
- Membangkitkan motivasi belajar.
- Mengulang apa yang telah dipelajari.
- Menyediakan stimulus belajar.
- Mengaktifkan respon murid.
- Memberikan umpan balik dengan segera.
- Menggalakkan latihan yang serasi .
b. Manfaat Multimedia Dalam Kehidupan Sehari-hari
1. Bidang Pendidikan
Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan
yang dimiliki teknologi multimedia untuk menjadi alat bantu pilihan bagi
kegiatan belajar-mengajar. Multimedia membuat pelajar mengerti isi pelajaran,
Multimedia membuat siswa mengingat dengan mudah tentang isi pelajaran,
Multimedia menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan berkesan, Multimedia
mampu menjadi sumber pengetahuan, Multimedia mampu menunjukkan dunia sekitar
yang kaya dengan ilmu pengetahuan, Multimedia mampu menghibur selama proses
pembelajaran, Multimedia membuat terjadinya interakti antara siswa dengan
teknologi terkini, Multimedia memberi peluang kepada guru untuk mengubah kaidah
pengajaran dan Multimedia membuat proses belajar dan mengajar menjadi lebih
menyenangkan.
2. Bidang Kesehatan.
Mempermudah Dokter dan Perawat dalam
memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung pasien lewat monitor komputer,
aliran darah , memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X.
3. Bidang Transportasi
Dengan komputer semua jadwal dan jalur
penerbangan yang transit dibandara bisa di program dan dijadwalkan dengan
komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan peralatan
komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat bisa di
terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam
komputer.
Dengan komputer, narigasi kapal laut bisa
ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga penjualan tiket di
Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di layani dengan cepat menggunakan
komputer.
4. Bidang Industri Perfilman
Semua efek-efek di dunia akting , animasi, dan penyotingan adegan film semua di rekam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga di kembangkan mempergunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer.
5. Bidang Perdagangan
Multimedia mengubah cara orang berbelanja. Daripada lelah menelusuri toko ke toko lain untuk memperoleh barang dengan ukuran dan corak yang anda inginkan dan kemudian anda harus antri di kasir, dengan layanan teleshopping atau home shopping memungkinkan anda berbelanja dari rumah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar